Untuk Yang Malas SEO itu Harus Mengamati Trend
SEO alias Search Engine Optimization bin optimasi
mesin pencari adalah teknik yang harus dikuasai seorang internet marketter atau
publisher. Mengapa ? karena tujuan utamanya adalah mendapatkan pengunjung
melalui mesin pencari seperti Google. Hampir semua publisher menggunakan teknik
SEO untuk mengoptimasi blog/website nya sehingga memperoleh earning sesuai
dengan yang diharapkan.
Tapi sampai sekarang konsep utama SEO belum diketahui
secara pasti bahkan menjadi misteri, belum lagi Google dan search engine
lainnya selalu merubah2 algoritmanya sehingga takkan ada habisnya untuk
mempelajari teknik SEO ini.
Sebenarnya Google sendiri telah memberitahukan bahwa
ada teknik ampuh tanpa kita harus memikirkan urusan SEO, diantaranya : “Content
is a king” and “Trend is a power“. Konten yang orisinil dan unik akan diperlakukan Google
sebagai raja dan bila diperkuat dengan “trend” maka akan menjadi SEO yang
paling ampuh.
Oh ya? tapi menurut saya hal ini tidak mutlak, toh
ternyata beberapa konten saya yang saya jamin unik dan orisinil tidak menjadi
yang teratas di search engine.
Mengapa ?
ada beberapa faktor penyebabnya :
(1) Ada blog lain yang memiliki kata kunci yang sama
(meskipun isinya beda) dan kekuatannya yang lebih besar dari blog kita,
(2) Ada pihak lain yang copy paste tulisan kita tanpa
menyantumkan link sumbernya.
Saya pun penasaran, akhirnya saya coba buat satu blog
baru yang juga copy paste tanpa memberikan link sumber namun sebelumnya saya
harus mengetahui trend yang sedang banyak dicari pada saat ini.
Caranya, saya browsing satu kata kunci utama yang akan
saya jadikan keyword utama blog baru saya misal “Celebrities Gossip” kemudian
saya ambil satu website yang ada di halaman pertama dari pencarian tersebut.
Website ini kemudian saya kuntit (buntuti)
setiap harinya, apa yang dia update saya update juga dengan teknik copas yang
di random (paragrap nya diubah2 terus diberi kata2 pengantar supaya agak beda).
Benar juga, hanya dalam sebulan blog saya sudah bisa
mencapai 1000 Unique Visitor per day murni Tanpa SEO. Bahkan pada
keyword tertentu saya bisa di posisi 1 mengalahkan sang sumber (jahat memang
ternyata copy paste itu).
Lalu bagaimana cara kita membaca trend ? ini adalah
pertanyaan terbesarnya.. apa lagi bila kita membidik trend yang ada di negara
lain seperti USA karena notabene nya pageviews dan click dari negeri ini
bernilai sangat besar. Selama ini trend yang tidak pernah putus di dunia
internet khususnya wilayah USA dan Eropa ada beberapa (berdasarkan
pengamatan saya) :
- News,
berita yang sedang hangat dibicarakan
- Entertainment
news, misal gossip selebriti dan semua hal yang berbau dunia hiburan
- Movie
and TV Shows, film2 kelas atas seperti Hollywood slalu muncul setiap bulan
dan TV Shows dari premium channel di USA selalu menjadi trend di internet
- Product
Review, produk2 baru sering bermunculan terutama produk elektronik maka
biasanya orang banyak mencarinya di internet
Masih banyak trend lainnya yang belum digali dan hal
ini memerlukan pengamatan dengan cermat.
Bagi anda yang bingung bagaimana mencari pengunjung
dari USA, UK, dan Canada mungkin langkah diatas adalah yang paling tepat yaitu
mencari sesuatu yang sedang trend disana maka pengunjung akan datang dengan
sendirinya tanpa banyak menerapkan ilmu SEO.
Faktor terakhir yang sangat menentukan adalah waktu,
semakin cepat kita mengupdate maka semakin besar peluang kita untuk menang
di persaingan. Oleh karenanya sangat penting mengetahui beda waktu di
Asia Fasifik dengan wilayah Eropa dan America, usahakan segera posting sebelum
didaerah sana masuk waktu sore karena biasanya pengunjung akan ramai pada saat
sore setelah mereka pulang dari aktifitas kerjanya (biasanya jam 3-4 subuh
waktu Indonesia).
Masih bingung ? kesimpulannya :
Tentukan keyword yang akan dibidik sesuai dengan point
trend diatas, ambil 1 – 3 sumber untuk dibuntuti, dan posting berita secara up
to date.
NOTE : Cara ini hanya buat yang kurang ngerti istilah
SEO dan malas menerapkannya, tidak ada jaminan cara ini pasti berhasil semua
tergantung trend dan cara anda .